PTPN III Salurkan Rp 9,6 Milyar Kepada 287 Pengusaha UKM

 

Medan (Lapan Tasya.com)

Sebanyak 287 orang pengusaha kecil menengah mendapatkan bantuan pinjaman lunak bergulir dari PT Perkebunan Nusantara III sejak 17 – 22 Juni 2013 di P2WAS Sei Karang, Galang, Deli Serdang, Sumut. Penyaluran dana pinjaman bergulir tersebut diserahkan langsung setelah pemeriksaan oleh notaris yang kemudian ditransfer ke masing-masing rekening bank pengusaha UKM. Dana yang dikelola Bagian PKBL PTPN III itu melalui serangkaian penilaian dan survey langsung ke lokasi usaha yang dirintis oleh masing-masing UKM.

Para mitra binaan tersebut berasal dari Medan, Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu Induk, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Tanah Karo dan Tebing Tinggi.  Mereka dihimpun dari masing-masing unit/distrik/kebun terdekat.  Dana pinjaman yang diserahkan pada periode kali ini sebesar Rp 9.680.000.000  Dengan demikian total dana secara komulatif untuk UKM di Sumut yang telah diserahkan hingga saat ini telah mencapai Rp 173.109.903.113

Menurut Sunardiyono, Kepala Bagian PKBL PTPN III dalam sambutannya mewakili Direksi berharap kepada seluruh penerima dana pinjaman agar kiranya mengembalikan uang tersebut secara teratur kepada perusahaan karena uang tersebut merupakan amanah dari Kementerian BUMN untuk membantu dan menyejahterakan masyarakat melalui program kemitraan kepada UKM.

Materi pelatihan antara lain disampaikan oleh Yeni Absah mengenai analisa lapangan khususnya keuangan UKM dan manajemen keuangan UKM, Agus Deni Sukanda mengenai kewirausahaan dan kewiraswastaan, komunikasi dan etika bisnis, Raja Bongsu Hutagalung membawakan materi seputar mengelola usaha mikro, kecil dan menengah dari aspek pemasaran dan kemasan merek, Gindo Marpaung mengenai hukum dan Erdawati Suwito mengenai bursa pengalaman pengusaha sukses. Para pembicara ini berasal dari lembaga yang kompeten di bidangnya seperti dari USU, LPP, Kejatisu dan penguasaha UKM yang telah sukses menjalankan roda usahanya.

Pada penerima dana pinjaman mengungkapkan perasaan yang sangat gembira karena terpilih menerima bantuan pinjaman dengan besaran yang dianggap cukup memadai untuk menambah dan mengembangkan usaha. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Sudibyo, salah satu penerima bantuan kalau ia sangat bersyukur sekali karena bantuan yang pertama kali ini diterimanya dari PTPN III akan digunakan untuk menambah modal usaha. “Saya akan memanfaatkan dana pinjaman ini sebaik-baiknya untuk kelansungan bisnis saya dan berdoa agar PTPN III terus menjadi perusahaan perkebunan yang maju dan jaya di masa mendatang,” katanya. (Barmen Sinaga)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s